Senin, 21 Desember 2009

Profil Kota Banjarmasin


Kota Banjarmasin merupakan salah satu kota di Propinsi Klaimantan Selatan, secara geografis terletak antara 3o16 46 - 3o22 54 LS dan antara 114o31 40 - 114o39 55 BT. Daerah ini berbatasan dengan Barito Kuala di utara dan barat, Kabupaten Banjar di timur dan selatan. Luas wilayah Kota Banjarmasin 72 Km2.

Secara administratif, daerah ini terbagi menjadi lima Kecamatan dan 51 Kelurahan. Daerah ini juga mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan antara lain di sektor perkebunan dengan komoditi utamanya berupa kelapa sawit, karet, dan kelapa dalam, dari hasil perkebunan ini terdapat beberapa industri yang bahan bakunya berasal dari hasil perkebuanan ini salah satunya PT. Sinar Mas Group yang mengolah kelapa sawit menjadi minyak goreng.

Di sektor pertanian, hasil pertanian utama berupa bahan tanaman pangan seperti padi, jagung, ubi kayu, tanaman holtikultura dna palawija. Potensi di sektor perikanan dan kelautan Kalimantan Selatan (Kalsel) boleh dibilang berlimpah dan akan menjadi sumber pendapatan yang menggiurkan bila digarap maksimal, apalagi dilengkapi dengan sentuhan teknologi canggih. Kondisi ini didukung luasan tangkapan ikan di laut yang mencapai 120.000 km dengan panjang garis pantai 1.331 Km ditambah periaran nusantara dan Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE). Hasil perikanan di daerah ini berupa rumput laut, ikan gurame, udang windu, udang galah, ikan tawes, mujaher. Selain untuk konsumsi lokal, udang windu dan rumput laut sudah diekspor ke Jepang, Singapura, Taiwan dan Eropa.

Provinsi Kalimantan Selatan Ibukotanya Kota Banjarmasin banyak sekali objek wisata yang bisa dinikmati. Wilayah ini banyak dilalui sungai besar dan sungai kecil (kanal), kegiatan masyarakat yang dilakukan di sungai termasuk kegiatan perdagangan yang dikenal dengan Pasar Terapung. Salah satu kegiatan wisata paling menarik di kota Banjarmasin adalah berjalan-jalan menyusuri sungai dan kanal.

Daerah pinggiran kota pemandangan alam sungainya masih asli dan wisatawan dapat menyusuri sepanjang sungai Martapura dan sungai Barito dengan menggunakan perahu Klotok dan Speedboat. Salah satu Landmark Kota Banjarmaisn adalah Masjid Raya Sabilal Muhtadin yang berada dijalan Jendral Sudirman. Mesjid Raya Sabilal Muhtadin berdiri megah dijantung kota Banjarmasin menghadap Sungai Martapura yang merupakan masjid kebanggaan masyarakat Kalimantan Selatan dan pusat pengkajian agama Islam.


Sumber Data:
Kalimantan Selatan Dalam Angka 2007
(01-8-2007)
BPS Provinsi Kalimantan Selatan
Jl. KS. Tubun No. 117, Banjarmasin 70242
Telp (0511) 262314, 261585
Fax (0511) 261585

Sumber :
http://regionalinvestment.com/sipid/id/displayprofil.php?ia=6371

Tidak ada komentar:

Posting Komentar