Selasa, 18 Agustus 2009

Wisata Budaya Kalimantan Selatan


Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bekerjasama dengan pemerintah kabupaten/kota se Kalsel akan menggelar berbagai atraksi wisata dan budaya selama meramaikan Visit Kalsel tahun 2009 agar wisatawan berdatangan ke wilayah ini.

Kepala Dinas Olahraga, Pemuda, Budaya dan Pariwisata Kalsel, Drs.Bihman Muliansyah kepada pers di Banjarmasin, Kamis, menuturkan ada sejumlah jadual atraksi wisata dan budaya yang segera digelar di Kalsel dan kegiatan itu sudah dipromosikan gencar.

Tetapi karena berbagai hambatan, maka beberapa jadual atraksi terjadi perubahan, sebagai contoh saja lomba lanting gambu yang seharusnya digelar pada Januari diundur menjadi Maret, kegiatan ini berlokasi di danau Riam Kanan, Kabupaten Banjar, yang sekaligus untuk mengenal objek wisata alam lembah Kahung.

Peserta lomba itu merupakan utusan dari Kabupaten/Kota se Kalsel, dengan sistem regu setiap regu terdiri dari lima orang mewakili daerahnya masing-masing.

Teknis pelaksanaanya seperti layaknya lomba dayung, yaitu lanting (rakit) terbuat dari bambu itu didayung sekuatnya pada satu titik finish, siapa yang cepat sampai ke finish, maka berhak keluar sebagai juara pertama.

Ketika ditanya latar belakang lomba tersebut, ia menyebutkan lanting bambu merupakan sarana transportasi masyarakat Kalsel, khususnya di berbagai wilayah Pegunungan Meratus, sehingga keberadaan sarana tersebut harus dilestarikan.

Selain itu, keberadaan lanting bambu menarik perhatian kalangan wisatawan, khususnya dari mancanegara, sehingga seringkali wisatawan meminta pemandu wisatanya untuk menuju kawasan arung jeram yang terdapat lanting bambu, kemudian wisatawan tersebut berpetualang menggunakan sarana tradisional tersebut.

Melihat potensi lanting bambu sebagai daya tarik wisata cukup besar, maka dalam kaitan Visit Kalsel tahun 2009 ini keberadaan lanting bambu kian dipopulerkan lagi melalui lomba tersebut.

Atraksi wisata dan budaya selama Visit Kalsel lainnya adalah, Maulid Baayun Anak di Masjid Banua Halat Kabupaten Tapin pada Maret 2009 tersebut, kemudian bulan April lomba Bakisah Bahasa Banjar, Malasuang Manu di Kotabaru, serta Mappanretasi di Pagatan Kabupaten Tanah Bumbu.

Kemudian pada bulan Mei 2009 kontes dangdut se Kalsel di Pantai Takisung se Kalsel-teng dan tim, kemudian pada Juni 2009 pegelaran festival budaya Pasar Terapung dengan lokasi pinggiran Sungai Martapura dengan kegiatan sampingan pameran seni budaya, pameran kuliner, festival tari daerah, atraksi permainan tradisional.

Kemudian di bulan itu pula digelar, Aruh Ganal Dayak Meratus Loksado, dengan kegiatan pendamping lomba lanting Bambu, dan kontes anggrek Kalimantan di Loksado .

Sementara bulan Juli 2009, festival snoman Haderah se Kalsel, festival Musik Panting, bulan Agustus 2009 bersamaan peringatan hari jadi Provinsi Kalsel digelar, pameran dan gelar budaya antar etnis, lomba Kerbau Rawa di Hulu Sungai Utara tepatnya di kawasan Danau Panggang.

September 2009 berbagai atraksi berkaitan peringatan hari jadi Kota Banjarmasin, festival Layang-layang di Kabupaten Tanah laut, Oktober 2009 pergelaran seni budaya sumpah pemuda, serta selaku, Desember 2009 digelar Festival Ramadhan, serta Ramadhan Cake Fair, dan festival Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

Disebutkannya, maksud diselenggarakannya Visit Kalsel 2009 adalah untuk memfokuskan berbagai kegiatan kepariwisataan secara terencana, terkoordinasi dan terpadu dengan dukungan berbagai pihak.

Disamping itu, dengan berbagai kegiatan atraksi wisata diharapkan dapat menyajikan daya tarik bagi kunjungan wisata, lokal, domestik, nasional dan mancanegara ke Kalsel.

Dengan harapan lagi, dengan Visit Kalsel akan kian tersosialisasikannya Promosi, seni, budaya, keindahan alam dan nilai-nilai kehidupan masyarakat Banjar dan Dayak di Kalimantan Selatan, disamping meningkatkan komitmen para pihak terkait dan pemangku kepentingan pariwisata untuk menjadikan pariwisata sebagai salah satu kekuatan ekonomi masyarakat di daerah dalam rangka pengentasan kemiskinan .

Sumber :
19 Agustus 2009

Sumber Gambar:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar